Terungkap, Video Pendaratan di Bulan Paling Mendebarkan

Rekaman perjalanan pertama ke bulan yang sempat hilang, berhasil ditemukan. Rekaman itu menunjukkan saat mendebarkan di mana Neil Armstrong menuruni tangga Apollo 11.

Rekaman itu berlangsung selama beberapa menit dan dianggap sebagai salah satu rekaman terbaik dari perjalanan bulan bersejarah pada 1969.

Film ini sempat hilang dalam arsip selama bertahun-tahun, serta rusak parah ketika ditemukan, kata John Sarkissian, ilmuwan operasional di Commonwealth Scientific and Industrial Research Organization (CSIRO).

Rekaman tersebut menggambarkan beberapa menit pertama saat Armstrong turun dari pesawat.

Peristiwa tersebut dicatat di Australia saat NASA masih berebut soal sinyal. Rekaman itu juga menampilkan gambar yang jauh lebih jelas, daripada yang sebelumnya diputar di seluruh dunia.

Teleskop di Australia sangat memainkan peran kunci dalam misi Apollo 11, termasuk penyediaan sinyal televisi.

Sarkissian, ahli sejarah sekaligus astronom Australia dalam perekaman tersebut mengatakan bahwa video ini merupakan rekaman pendaratan Armstrong dengan kualitas terbaik.

“NASA menggunakan stasiun sinyal Goldstone (California). Ini merupakan hal yang salah, sementara sinyal yang diterima stasiun Australia benar-benar dapat melihat Armstrong,” ujar Sarkissian lagi.

0 Response to "Terungkap, Video Pendaratan di Bulan Paling Mendebarkan"

Posting Komentar